RSS

Makanan khas Aceh

Di Indonesia  selain memiliki  beragam suku bangsa, adat budaya,Indonesia pun memiliki beragam jenis makanan, yang khas di daerahnya masing masing,mulai dari makanan khas jawa, sunda,batak,papua,dan yang lainnya.setiap daerah memiliki citarasa yang berbeda dari setiap masakan nya.kita sebagai warga indonesia harus mencintai masakan indonesia,pada dasarnya kita harus mencoba menikmati  apa yang telah  di berikan tuhan atas nikmat dari segala yang di berikan.Dalam  segi makanan  saya akan mencoba memberi  sedikit ilmu yang saya pelajari.tentang apa saja  masakan khas Indonesia dan dari mana  tempat masakan-masakan yang enak dan lezat yang dapat kita nikmati, mari kita simak.

Gulee Itek 


 Gulee Itek  makanan khas berasal dari aceh ini mempunyai rasa yang khas ,  dengan racikan bumbu yang cukup rumit,namun semua  itu menghasilkan cita rasa yang berbeda.gulai ini dapat d di buat dari daging  bebek ,dengan pengolahan yang  cukup  lama akan menghasilkan daging yang empuk,yang akan  membuat anda .ketagihan,.biasanya gulai bebek yang terkenal berada di daerah Bireuen,dengan ciri khas bumbunya yang kental  proses pembuatan nya berbahan dasar perasan  santan yang kental,menghasilkan cita raqsa yang gurih dan lezat.

timpan

TIMPAN

makanan yang kedua yang berasal dari aceh ini,biasa di sebut TIMPAN. Makanan ini sangat   cocok untuk cemilan ,pembuatan nya pun sedikit agak mudah,hanya memerlukan tepung terigu pisang, dan santan.semua bahan dimasukan pada satu wadah dan di aduk hingga merata.Biasanya  di dalam nya  terdapat srikaya,lalu di selimuti oleh daun pisang muda,setelah semua adonan selesai kukuslah timpan di atas air rendaman .

mie aceh

mie aceh

mie aceh adalah masakan  pedas khas Aceh dengan bahan bahan  Mie kuning  dengan irisan daging sapi,dagingkambing  atau makanan laut udang dan cumi disajikan dalam sup sejenis kari yang gurih dan pedas. Mie Aceh ada dua jenis, Mie Aceh Goreng (digoreng dan kering) dan Mie Aceh Kuah (sup).Dengan  ditaburi bawang goreng dan disajikan bersama emping, potongan bawang merah, mentimun, dan jeruk nipis.

Itulah  tiga contoh di atas  masakan aceh yang terjamin kenikmatan nya anda pasti puas dengan masakan tersebut.Ada satu tempat yang menjual makanan khas aceh berada  di bilangan Jakarta Selatan, ada satu tempat yang cukup banyak  dalam penyajian menu menunya ..Jika anda berada di kawasan jalan Wijaya Xl jakarta selatan ,jangan di lupakan mampir ke salah satu Restoran  Chalita,

untuk anda Anda yang tidak doyan masakan yang menggunakan   mecin, restoran ini bisa menjadi pilihan . Makanan khas Aceh memang tidak menggunakan mecin karena rasa gurihnya menggunakan   rempah dan santan gongseng.
Menu Aceh  yang di sediakan di antaranya Tumis Eungket Sure. Menu  spesialnya adalah ikan tongkol seperti sayur ikan kari. Rasa  asam yang di hasilkan  menu ini berasal dari belimbing wuluh yang dikeringkan dan diperam garam hingga satu pekan.
Menu lainnya Dedah Boh Itik. Hidangan Aceh ini menyerupai dadar dan memang terbuat dari telur itik. Dadar ini di atasnya diberi parutan kelapa muda, bawang merah, irisan daun jeruk dan sejumlah bumbu.
Anda juga bisa mencicipi Udang Asam Ken’eung yang dikenal sebagai sop Aceh. Makanan ini menggunakan bahan  udang  yang rebus dan jamur shitake.
di restoran ini  harga per porsinya  Anda tak harus mengeluarkan uang lebih dari  Rp 40.000,dengan berbagai jenis masakan masakan aceh di Restoran Chalita

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: