RSS

Makanan khas Lampung

TEMPOYAK

Mungkin masih cukup banyak orang yang belum tahu apa tempoyak itu,,?? Menurut jejak kuliner saya (ceile, kayak pernah berkuliner aja), tempoyak itu adalah makanan khas lampung yang merupakan hasil fermentasi dari buah durian. Pada tau durian khan ?? hhee,, Karena hasil fermentasi, maka rasa tempoyak ini sedikit asam-asam gimana gitu,,.. Katanya sih, tempoyak ini lebih enak kalau dimakannya dicampur dengan seruit (bukan seruit.com lho,,hhee). Lebih mantap gitu rasanya katanya. Saya yang mendengar begitu aja langsung pengen nyobain, gak sabar,. Do’ain ya biar saya bisa cepat mencobanya.hhe

LAPIS LEGIT

Saya yakin sudah cukup banyak orang yang sudah tahu lapis legit ini. Kata teman saya sih, bahan-bahan untuk membuat lapis legit adalah telur, susu, tepung t erigu, gula, dan masih beberapa lagi sih yang saya lupa itu,,hhee. Rasa lapis legit ini gak usah ditanya lagi, namanya saja sudah lapis legit, pasti rasanya leeggiittt lah.. Saya sih sudah sering mencobanya, memang benar-benar legit.

Sekian aja nih ya ‘jalan-jalan kuliner’ di lampungnya,. Sebenarnya masih banyak lagi makanan khas lampung yang lainnya, seperti kopi luwak, dodol lampung, engkak ketan, sekubal, dan masih banyak lagi….bagi yang belum pernah nyoba makanan diatas, wajib deh cobain.. Buruan deh ke lampung…

Geguduh

Geguduh adalah penganan khas Lampung yang terbuat dari pisang yang dihaluskan dan dicampur dengan terigu, dimasak dengan cara digoreng, penganan isi memiliki citarasa manis karna menggunakan jenis pisang tertentu.

Gulai Taboh

Gulai Taboh, adalah kuliner khas Lampung yang juga dapat diartikan sebagai gulai santan. Gulai ini biasanya berisi khattak atau kacang kacangan seperti kacang/khattak gelinyor, kacang merah/khattak ngisi, kacang panjang/khattak kejung, khattak tuwoh, rebung, kentang dan lain lain.

Kemplang

Kemplang adalah kerupuk khas dari lampung, sumatera selatan dan sekitarnya, jadi kalo dibilang makanan khas lampung saya rasa gak juga karena daerah lain juga ada. Kerupuk ini cukup istimewa karena tidak digoreng dengan minyak melainkan di panggang sehingga tidak mengandung minyak goreng, ini bagus sekali buat yang mengurangi goreng-gorengan.
Keenakan Kemplang sudah sangat terkenal karena disamping gurih juga tidak mengenyangkan sehingga bisa dimakan sebagai cemilan. biasanya makan Kemplang dengan cocolan sambel atau juga dengan cuka, rasanya muantep dijamin akan membuat kita ketagihan.
Untuk mendapatkannya sekarang tidaklah sulit karena sudah banyak dijual di pasar maupun di supermarket-supermarket. dilampung sendiri sangat mudah ditemukan dengan harga mulai dari Rp. 1000 s/d Rp, 25.000 per bungkusnya tergantung banyaknya dan kandungan ikannya.

Panggang
panggang
sebagian kalian pasti berfikir , apakah itu panggang? apa sih yang di panggang? sebetulnya panggang ini ialah ikan “terserah jenisnya” yang di asap sampai matang , bukan makanan yang di bakar atau di panggang langsung di atas api , bumbu yang digunakan ialah bumu dapur sederhana , garam , cabe , bawang putih dll.
“loh bukannya ini banyak di jumpai di daerah lain?”
jangan salah , meskipun “panggang” ini sekilas mirip dengan makanan nusantara lainnya , tapi makanan ini berbeda , karena ikan yang telah matang akan berbau asap yang menambah selera makan , dan juga panggang ini juga bisa di kembangkan menjadi makanan lainnya seperti sayur panggang , dan sayur panggang bening

Gabing
gabing
gabing ialah makanan khas lampung yang terbuat dari batang kelapa muda. wah pasti banyak nih para pembaca yang belum makan atau belum pernah dengar . ya batang kelapa muda tersebut di potong dengan ukuran sedang setelah itu di sayur dengan kuah santan , rasa yang di berikan oleh batang kelapa ini adalah rasa manis dan gurih apa bila di gigit, rasa yang di timbulkan ialah rasa unik dan menarik.

Umbu
umbu
umbu ialah suatu lalapan yang asli dari lampung. lalapan ini bukan berbentuk dedaunan hijau , umbu ialah lalap yang terbuat dari rotan muda yang di rebus hingga lunak . mungkin tebakan kalian makanan ini rasanya mirip dengan gabing? tetapi kenyataannya makanan ini jauh berbeda dengan gabing , umbu lebih cendrung berasa pahit seperti pare , tetapi pahit umbu ini dapat membangkitkan napsu makan loh.

Sambal Asam Kembang
pohon kemang
dari judulnya kalian pasti berfikir bahwa ini sambal yang di beri asam jawa atau yang lainnya . sebenarnya sambal ini berbeda dengan sambal asam yang lainnya. sambal ini ialah sambal terasi khas lampung yang diberi buah kemang yang masi pentil , buah kemang ialah buah sebangsa dengan buah mangga. tanaman ini sekarang sudah jarang di temukan

keripik nangka 

.

Kalau keripik nangka merupakan oleh-oleh baru khas lampung,. Saat mencoba keripik nangka, rasanya sungguh manis. Bentuknya seperti nangka yang dikeringkan. Harga keripik nangka berukuran 150 gram adalah 11 ribu rupiah.

Kripik Pisang Khas Lampung

Kripik Pisang Khas Lampung
tersedia Beberapa rasa : Keju, coklat, manis,asin, strawberi,
susu, moka
Harga Rp. 14.000/pcs
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: